Tiga Prodi Universitas Swadaya Gunung Jati Lolos Hibah Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kemdikbud

Admin | 16 Apr 2021

TIGA PRODI UGJ LOLOS HIBAH KERJASAMA KURIKULUM DAN IMPLEMENTASI MBKM

BPA UGJ (Selasa, 16 April 2021)

Prodi-prodi di Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) mengikuti hibah Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang ditawarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Pengembangan Akademik UGJ telah melakukan kordinasi dengan para Wakil Dekan 1 Fakultas dan Kaprodi di lingkungan UGJ untuk melakukan sosialisasi, pemetaan Program Studi untuk menjadi pengusul hibah, melakukan proses review proposal dan membimbing penyusunan proposal prodi sesuai panduan yang ada. Hibah Kerjasama Kurikulum dan Implementasi MBKM adalah hibah yang ditawarkan Kemdikbud dalam rangka mendorong Perguruan Tinggi menuju Transformasi Kampus Merdeka.

Bantuan dana yang ditawarkan kepada tiap Prodi adalah sebesar 65 Juta Rupiah. Proposal yang diusulkan adalah bentuk kerjasama kurikulum Program Studi dalam mengimplementasikan MBKM. Kurikulm Prodi harus memiliki kekhasan dan menjalin kerjasama baik dengan perguruan tinggi lain, maupun luar perguruan tinggi misalkan saja DUDI.

UGJ mengirimkan 8 Proposal Program Studi diantaranya Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (FKIP), Pendidikan Bahasa Inggris (FKIP), PGSD (FKIP), Pendidikan Ekonomi (FKIP), Manajemen (FE), Ilmu Administrasi Negara (FISIP), Teknik Sipil (FT) dan Ilmu Hukum (FH). Sebanyak 3 Prodi memenangi hibah dan layak di danai. Ketiga Prodi tersebut adalah:

1.  Program Studi Teknik Sipil (FT) dengan judul Pengembangan Kerjasama Kurikulum MBKM berbasis Teknologi di Era Industri 4.0.

2. Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan judul Implementasi MB-KM: Mengembangkan Ekonomi Kreatif Edupreuneur Berbasis Kearifan Loal

3. Program STudi Pendidikan Bahasa Inggris dengan Judul Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berbasi Riset.

Tercatat 187 Universitas dari seluruh universitas di Indonesia lolos di danai pada program tersebut termasuk UGJ. Dengan capaian ini maka UGJ berkomitmen mendukung Program Kemdikbud menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang sudah bertansformasi menjadi Kampus Merdeka dan menjadi salah satu Universitas yang diperhitungkan pada kancah Nasional.