BADAN PENGEMBANGAN AKADEMIK MENYELENGGARANAN PELATIHAN PEKERTI DARING

Admin | 26 Jul 2020

Badan Pengembangan Akademik menyelenggarakan pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Instruksional atau Pekerti secara daring. Pelatihan ini diikuti oleh 52 dosen pemula yang belum memiliki jabatan fungsional di lingkungan Universitas Swadaya Gunung Jati.

 

Pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari mulai dari 20 sampai 25 Juli 2020 ini bekerja sama dengan LLDikti Wilayah 4 dan Universitas Pendidikan Indonesia. Para instruktur  pun berasal dari ketiga instansi tersebut.

 

Dr. I. Robia Khaerudin, M.Pd. selaku Kepala Badan Pengembangan Akademik sekaligus ketua pelaksana kegiatan ini menyampaikan pesan-pesannya dalam acara pembukaan. Menurutnya, kedudukan dosen sebagai tenaga profesional tiada lain untuk meningkatkan martabat dan perannya sebagai agen pembelajaran, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains serta pengabdi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional. karena itu, dosen minimalnya memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi keperibadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pelatihan Pekerti merupakan suatu gemblengan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi tujuan Pelatihan Pekerti ini adalah meningkatkan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama peningkatan keterampilan pedagogik.

 

Sementara kepala LLDikti Wilayah 4 Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd. dalam sambutannya berharap setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta meningkat kemampuannya dalam mengajar, karena untuk menghasilkan lulusan yang luar biasa, diperlukan dosen-dosen yang luar biasa juga.